Setiap klub bola pastinya mempunyai beberapa pemain legend sekaligus, pun demikian dengan klub sebesar Manchester United, tapi tahukah anda siapa saja bintang-bintang MU yang didapuk menjadi legend alias pemain yang tak tergantikan sepanjang sejarahnya? ini dia orangnya!

Gary Neville

Gary Neville
Gary Neville

yang ada di klub selama sudah mau 20 tahun, Gary Neville sukses masuk ke tim utama berkat tekad dan kerja kerasnya. Ia adalah salah satu bek kanan paling baik yang pernah memakai kostum Manchester United dan Inggris. Usai sang kapten pensiun, ada bek kanan yang sekali2 menggantikan Neville tapi masih tetap belum ada yang mendekati, terkecuali Rafael. Pemain Brasil tersebut bertalenta, tapi inkonsistensi dan sakit yang membuatnya sering absen dari medan pertempuran. Matteo Darmian dipekerjakan pada tahun 2015 untuk mengganti Rafael yang move ke Lyon. Sampai saat ini, pemain Italia yang telah saya sebutkan itu belum mampu menembus team utama usai Antonio Valencia tampil mengagumkan di posisi bek kanan. MU sedang dihubungkan dengan Fabinho dan Nelson Semedo tapi cuma waktu yang akan menjawab siapakah yang pas menjadi penerus Neville.

Roy Keane

Roy Keane
Roy Keane

Keane barangkali adalah pimpinan yang ideal untuk tim manapun. Tekel yang kokoh, berani adu mulut di medan pertempuran dan punya keseruan yang tak pernah padam mempunyai karakter di barisan tengah Manchester United. Akan tetapi, setelah kepergian Keane pada tahun 2005, MU kesusahan menemukan penggantinya. Berganti nama seperti Darren Fletcher dan Owen Hargreaves belum bisa menampilkan passion game yang sama. Morgan Schneiderlin berkunjung ke Old Trafford dengan penuh ekspektasi tapi habis tidak terpakai oleh Louis van Gaal dan Jose Mourinho, bomber Prancis move ke Everton. Ander Hererra, dengan antusias dan kerja keras, secara perlahan tapi pasti tampak layaknya pemain yang dekat dengan skill Keane.

Paul Scholes

Paul Scholes
Paul Scholes

Bintang ‘Class of 92’ lainnya, Scholes bisa saja adalah midfielder komplit yang bisa dibanggakan Manchester United. Mempunyai visi dan sentuhan yang dahsyat, Scholes juga mempunyai kemampuan untuk mencetak gol fantastis. Setelah gantung sepatu untuk kedua kalinya, lini tengah Manchester United belum menjumpai pemain sejenis dengan paul scholes. Michael Carrick diinginkan bisa menggantikan Scholes saat gantung sepatu tapi ia tidak memberi dampak yang besar seperti yang Scholes perbuat, tidak memperoleh banyak gol. Dari Jose Mourinho menjadi boss, Carrick juga tidak memasang peran penting untuk Setan Merah. Paul yang lainnya yang punya kualitas layaknya Schols yakni Paul Pogba, pemain paling mahal dunia saat ini. Pada usia mantap 23 tahun, Pogba bisa menjadi jenderal medan pertempuran tengah yang baru buat Manchester United.

Nemanja Vidic

Nemanja Vidic
Nemanja Vidic

Susah dipercaya Vidic joint dengan Manchester United hanya dengan biaya 7 juta pounds lantaran bek muda yang berkualitas saat ini paling mahal. Bersama Rio Ferdinand, Vidic menciptakan duet lini belakang terbaik di Primer League. Usai dimakan usia, Vidic pindah ke Inter Milan dan dari itu lini bawah Setan Merah tampak rapuh. Chris Smalling dan Phil Jones diharapkan bisa menggantikan peran, tapi inkonsistensi Smalling dan cedera lama Jones malah semakin menambahkan problem di team. United kemungkingan besar bisa berharap dengan hadirnya Eric Bailly. Mantan pemain Villarreal tampil mengesankan sampai saat ini United cukup kehilangan saat sang bintang tidak dapat ikut bertanding.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

Manchester United sungguh sangat kehilangan Cristiano Ronaldo. Mega bintang Portugal itu adalah sosok yang paling dicintai di Old Trafford dan kepergiannya meninggalkan lubang yang cukup besar di skuad Setan Merah. Ibarat semua pemain bintang yang lainnya, Ronaldo memenuhi impiannya untuk bermain bersama dengan Real Madrid pada tahun 2009 dengan rekor transfer internasional. Kemudian proses untuk menemukan pengganti Ronaldo dimulai. Nani, Antonio Valencia, Angel di Maria dan belakangan ini Memphis Depay belum mampu mendekati torehan Ronaldo. Bukanlah tugas yang gampang untuk menggantikan pemain yang mampu mencetak 30 gol lebih. Sekarang no punggung 7 lagi kosong dan Antoine Griezmann dikatakan akan mengenakan jersey yang telah saya sebutkan itu pada musim panas mendatang.