Banyak pelatih sepakbola yang mempunyai hubungan emosional erat pada mantan klubnya sewaktu jadi pemain. Salah satunya ialah Zinedine Zidane. Zidane telah kembali ke Real Madrid selaku pelatih dan ia berhasil mengantar klub meraih kesuksesan. Legenda Prancis tersebut memenangkan Liga Champions di musim lalu dan musim ini memiliki peluang besar memperoleh gelar La Liga. Zidane bisa digunakan sebagai contoh sosok yang sukses saat kembali ke mantan klubnya. Tapi, ada beberapa pelatih lain yang diharapkan bisa balik ke mantan klubnya dengan kapasitas menjadi pelatih. Siapa aja pelatih yang dimaksud? Nah daripada penasaran cek dibawah ini.

Diego Simeone

Diego Simeone

 

Atletico Madrid tak punya keraguan ketika mengangkat mantan pemainnya Diego Simeone menjadi juru taktik. Pria berumur 49 tahun itu berhasil mengantar klub juara La Liga dan menembus final Liga Champions pada dua kesempatan. Tetapi pelatih asal Argentina itu kali ini sedang dikaitkan pada Inter Milan, salah satu klub mantannya. Tetapi, raksasa Serie A itu kini sedang ada di peringkat keenam – posisi yang tak diharapkan mereka setelah berinvestasi besar musim panas lalu. Simeone musti mempertimbangkan tuk meninggalkan La Liga dan balik ke klub lamanya di Italia hingga bisa memungkinkan kompetisi Serie A kian menarik juga kompetitif.

Frank De Boer

Frank De Boer

 

Eredivisie adalah liga yang kerap mengorbitkan talenta muda luar biasa dari juga dalam satu dekade terakhir sudah didominasi Ajax. Hal itu satu diantaranya pada masa kepelatihan Frank de Boer. De Boer mengukir 12 tahun sebagai pemain juga kemudian mengurus Ajax selama 6 tahun. Dibawah tangan dinginnya, klub tuntas memenangkan 4 gelar liga secara berturut-turut dan trofi domestik. Setelah urung dengan Inter Milan lalu dipecat, De Boer sekarang sedang tak punya klub. Tapi, mengingat Ajax tengah tertinggal dalam perburuan titel Eredivisie, mereka bisa memanfaatkan jasa De Boer lagi. De Boer pun pernah main tuk Barcelona. Raksasa La Liga tersebut sedang mencari pelatih anyar setelah Luis Enrique bakal mundur di akhir musim dan pria Belanda berkesempatan dijadikan pertimbangan.

Arsene Wenger

Arsene Wenger

 

Banyak fans Arsenal yang tak menginginkan Arsene Wenger berada di klub. Pria berkebangsaan Prancis itu telah memberikan banyak gelar pada The Gunners namun para fans sudah amat frustrasi mengingat klub telah lama puasa gelar Premier League. Bila Wenger memutuskan tuk meninggalkan kebersamaannya yang sudah terjalin selama 20 tahun bersama klub, dia harus kembali di AS Monaco. Klub Prancis itu tengah mencuri atensi di liga domestik serta Eropa musim ini bareng Leonardo Jardim. Tetapi, bila mereka butuh pelatih dengan kualitas jawara maka Wenger ialah kandidat yang tepat. Wenger sempat mengantar Monaco memenangi gelar Ligue 1 musim 1987-88. Di skuad Monaco saat ini tidak sedikit bercokol pemain muda bertalenta dan Wenger paham bagaimana caranya memoles pemain-pemain tersebut jadi bintang.

Joseph Guardiola

Joseph Guardiola

 

Rasanya seperti belum lama ini Josep Guardiola berencana meninggalkan Barcelona dan pilih cuti panjang. Pria dari Spanyol itu tadinya pernah mengantar Barcelona meraih keberhasilan besar dan menerbitkan banyak pemain akademi ke skuad utama. Luis Enrique bakal meninggalkan klub musim panas dan tak sedikit yang mengharapkan Guardiola pulang ke Camp Nou. Tetapi, hal tersebut sulit terjadi dalam waktu dekat karena komitmen Pep dengan Manchester City. Akan tetapi, jika ada potensi maka Pep bisa reuni lagi dengan Barcelona. Lantaran Lionel Messi, Iniesta, Sergio Busquets serta Gerard Pique sudah tak muda lagi, Pep tentu masih mempunyai cara demi membuat mereka jadi pemain ngetop di dunia lagi. Pep ialah satu-satunya pelatih yang dapat melakukannya.