Aleix Vidal lagi-lagi saat ini mengalami cedera di pergelangan kaki (atau biasa disebut dalam dunia medis: ankle) yang lumayan parah saat Barcelona menang telak dengan skor tanpa ampun 6-0 atas Alaves. Akibatnya, defender berkebangsaan Spanyol itu musti absen untuk 5 bulan ke depan. Luis Enrique jelas saja musti mencari pengganti Vidal mengingat di posisi bek kanan cuma tinggal menyisakan seorang Sergi Roberto saja. Melihat pasaran pemain di bursa transfer musim dingin telah ditutup maka Barcelona hanya bisa merekrut pemain dengan status tanpa klub atau bisa pula bila pemain dari klub Spanyol lainnya sebagai langkah emergency. Siapa aja deretan bek kanan yang cocok tuk mengisi pos Aleix Vidal di klub La Blaugrana? Dibawah lima calon bek top penggeser dari posisi Aleix Vidal sebagai bek kanan.

Douglas

Setelah tidak masuk didalam daftar rencana Luis Enrique musim ini, Douglas dipinjam kepada Sporting Gijon di musim panas. Pemain Brasil tersebut lagi berusaha mengembalikan karirnya di El Molinon lalu Barcelona bisa membatalkan kontrak peminjamannya tuk memasukannya kembali ke skuad Camp Nou. Douglas telah kenal dengan gaya permainan Barcelona hingga tak perlu banyak beradaptasi lagi untuk bisa masuk ke skuad utama atau turun ke lapangan.

Maicon

Maicon bisa disebut sebagai bek kanan yang begitu berpengalaman di kancah Eropa dan telah banyak memenangkan gelar. Pemain lama berumur 35 tahun itu sekarang ini sedang tak punya klub tetap usai mengakhiri kontraknya bareng AS Roma. Maicon boleh jadi sebagai satu tambahan yang istimewa bagi Barcelona dan Sergi Roberto dapat belajar tidak sedikit dari pemain asal Brasil tersebut.

Martin Caceres

Defender berkebangsaan Uruguay ini pernah bermain bareng Barcelona saat musim 2008-2009. Caceres saat ini sedang tak punya klub setelah tak memperpanjang kontraknya dengan Juventus musim lalu. Setelah nyaris berbaur bersama AC Milan, pemain berusia 29 tahun tersebut sedang merapat ke Southampton namun Barcelona masih bisa menjaring transfer Caceres.

Jose Bosingwa

Jose Bosingwa pun bisa dipertimbangkan yang menjadi pengganti jangka pendek dari keadaan Vidal sekarang. Pemain Portugal ini saat ini sedang tak punya klub setelah dijual oleh Trabzonspor. Bosingwa sempat meraih beraneka macam gelar bersama dengan Porto dan Chelsea, dan barangkali saja dirinya tertarik main di domestik Spanyol, La Liga.

Michel Macedo

Di Spanyol, ada protokol yang memungkinkan Barcelona bisa membeli pemain dengan keadaan darurat usai bursa transfer ditutup. Syaratnya, pemain tersebut wajib berasal dari Liga Spanyol dan kemudian hanya akan boleh bermain di kejuaraan domestik saja. Satu dari banyak opsi murah yang boleh diambil Barcelona ialah Michel Machedo yang main di Las Palmas tapi pemain Brasil berumur 26 tahun itu lagi menepi selama enam minggu karena kendala tumit.