Rekor transfer termahal akhirnya pecah ketika Paul Pogba menyelesaikan kepindahannya ke MU. Juventus mendapat 89 juta pounds dari midfielder yang mereka peroleh secara gratis 4 tahun lalu. Transfer Pogba tersebut tentunya menaklukan rekor sebelumnya yang disandang Gareth Bale saat pindah dari Tottenham menuju Real Madrid. Dan ada pemain lagi yang menyandang rekor transfer di masanya.

Ronaldo – 19,5 juta pounds

Ronaldo memecahkan rekor transfer saat diboyong Barca dari PSV Eindhoven tahun 1996. Bomber Brasil tersebut rupanya kembali jadi pesepakbola termahal dunia setahun kemudian ketika pindah ke Inter Milan. Tapi, karir Ronaldo sewaktu mengenakan jersey Nezzarurri tak berjalan bagus sebab kerap mendapati cedera. Walaupun begitu, Ronaldo mampu mendulang 59 gol dalam 99 penampilan untuk Inter.

Denilson – 21,5 juta pounds

Rekor transfer dunia lagi-lagi dipecahkan pemain Brasil tahun 1998. Kini pemain yang telah memecahkan rekor punya Ronaldo ialah Denilson. Akan tetapi, banderol Denilson tak sesuai dengan kontribusinya buat Betis. Ia justru sempat dipinjamkan kepada Flamengo hingga akhirnya dilego ke Bordeaux tahun 2005.

Christian Vieri – 32,1 juta pounds

Inter Milan nampaknya belum puas cuma punya satu pesepakbola termahal dunia. Nerazzurri kemudian lagi-lagi memecahkan rekor transfer dunia saat mendatangkan bomber Christian Vieri. Vieri menghasilkan banyak gol dengan Inter dengan perolehan 120 gol dari 185 laga. Akan tetapi, Vieri tidak pernah meraih scudetto bareng Inter. Prestasi apiknya cuma merebut trofi Coppa Italia 2004/2005.

Hernan Crespo – 35,5 juta pounds

Pada pergantian masa milenium, Lazio membuat gebrakan di bursa transfer secara memecahkan rekor transfer dunia saat menjaring Crespo. Striker Argentina tersebut langsung memperlihatkan kenapa ia ditunjuk layak dibeli dengan biaya yang amat mahal. Crespo out sebagai pencetak gol paling banyak Serie A pada musim pertamanya berseragam Biancoceleste. Walaupun begitu, ia tak mampu membantu Lazio menjaga gelar Serie A.

Luis Figo – 37 juta pounds

Luis Figo menggemparkan media tahun 2000. Pesepakbola Portugal itu pindah ke Real Madrid usai lima musim sebagai pilar utama Barcelona. Hal itu tentu saja menjadikan fans Barcelona marah besar pada Figo dan menganggapnya pengkhianatan. Figo sendiri main melebihi 230 pertandingan tuk Los Blancos dan mengemas 7 trofi disana.

Zinedine Zidane – 46,6 juta pounds

Setahun setelah transfer Figo, Madrid kembali menggelontorkan banyak uang tuk mendapat pesepakbola berkualitas atau yang kian dikenal dengan project Galacticos. Kini pemain bintang yang telah dihadirkan Los Blancos ialah Zinedine Zidane dari Juve. Pemain Prancis ini ialah salah satu rekrutan terapik di Santiago Bernabeu dengan membukukan 49 gol dari 225 pertandingan. Zidane melayani Madrid merajai La Liga serta Liga Champions dan sekarang menjadi pelatih mereka.

Kaka – 56 juta pounds

Rekor Zidane bertahan sewaktu 8 tahun hingga kedatangan Kaka di Real Madrid. Pesepakbola Brasil tersebut diboyong ke Santiago Bernabeu dari Milan dengan status gelandang termahal dunia. Tapi, serangkaian cedera melatar belakangi Kaka kesulitan memunculkan game terbaiknya di Spanyol. Ia keluar dari Los Blancos 4 tahun kemudian dengan kembali ke Milan.

Christiano Ronaldo – 80 juta pounds

Musim panas 2009 rupanya jadi musim panas sibuk buat Real Madrid. Tidak lama setelah menghadirkan Kaka, Madrid lagi-lagi memecahkan rekor mendatangkan Cristiano Ronaldo dari United. Sejak itu Ronaldo jadi pemain yang tidak tergantikan di klub ibukota Spanyol itu. Sepanjang berkostum Madrid, sudah banyak prestasi yang diraih Ronaldo termasuk 2 gelar Liga Champions.

Gareth Bale – 86 juta pounds

Ronaldo tentunya takkan senang saat rekornya dipecahkan Gareth Bale tahun 2013. Superstar Wales itu diimpor ke Santiago Bernabeu dari Spurs. Di awal kehadirannya, Bale langsung menyokong Los Blancos menjuarai La Decima & Copa del Rey. Kini Bale jadi seorang pemain penting di barisan depan Madrid dengan Karim Benzema & Ronaldo.

Paul Pogba – 89 juta pounds

Pogba sejatinya adalah pemain didikan dari akademi Manchester United. Akan tetapi, gelandang Prancis itu hengkang ke Juventus usai kontraknya di Old Trafford tamat. Selama memperkuat Juventus, Pogba berhasil berevolusi jadi salah satu midfielder terbaik Eropa serta komodity panas di bursa transfer. Dirinya kembali ke Manchester setelah 4 tahun meraih kejayaan di Serie A.