Sebuah partai panas bakal tersaji di Liga Champions pertengahan pekan ini. Juventus Stadium bakal jadi saksi bisu laga 1/4 final leg pertama diantara Juventus vs Barcelona. Duel antara Juventus vs Barca akan berlangsung lumayan sengit karena kedua tim memiliki beberapa pemain ngetop dan pun berbandrol mahal. Disamping itu, laga ini pun jadi final ulangan di tahun 2015 lalu. Disamping itu, sejarah disana mencatat ada beberapa pemain yang sempat berseragam Barcelona juga Juventus dalam karir profesional mereka. Nah, kira-kira siapa saja mereka?

Michael Laudrup

Pemain hebat berkebangsaan Denmark bergabung dengan Juventus pada 1983 dan baru berumur 19 tahun, walau ia menjalani dua tahun pertama menjadi pemain pinjaman ke Lazio. Dia bergabung bersama Barca pada tahun 1989 dan jadi seorang penting di masa Dream Team Johan Cruyff. Seorang maestro bagian tengah lapangan yang pun berperan penting dalam penyerangan, Laudrup membukukan 40 gol tuk klub menjelang pindah ke Real Madrid. Laudrup adalah salah satu pesepakbola terbaik di generasinya dan pesepakbola terbaik Denmark sepanjang zaman. Kabar terkininya ia masuk kedalam manajemen Al Rayyan, Qatar.

Juan Pablo Sorin

Serupa dengan Laudrup, pengisi bek kiri Argentina ini pun bergabung kepada Si Nyonya Tua Turin di umur 19 tahun saat 1995. Pun seperti Laudrup, ia menjalani karirnya di Lazio sebelum bergabung bersama Barca di akhir 2003 di bursa transfer musim dingin. Sorin cuma menghabiskan waktu hanya satu setengah musim di Barca, dan walau begitu dirinya tampil di 76 laga tuk Argentina – lebih dari total penampilannya bersama klub mana pun yang sempat disinggahinya kecuali River Plate yang totalnya ada 78 penampilan.

Edgar Davids

Midfielder asal Belanda ini merapat dengan Vecchia Signora tahun 1997 dan bertahan disana sepanjang enam setengah musim dan menjuarai gelar. Frank Rijkaard menjaring rekan senegaranya menuju FCB di bursa transfer musim dingin akhir 2004, dan walau hanya ada di Catalonia kira-kira setengah musim, namun cukup buat si Pitbull tuk memenangi ruang di hati masyarakat Camp Nou.

Gianluca Zambrotta

Pemain bertahan dan kadang jadi pemain sayap ini berada di Juventus sepanjang 7 musim mulai thaun 1999 dan jadi salah satu ikon klub Bianconeri awal abad 21. Berhubung Juventus terpental ke Serie B lantaran kasus Calciopoli, Zambrotta pindah ke Barca musim panas 2006, musim yang tidak beda saat ia memenangi Piala Dunia dengan Italia. Zambrotta ada di Barca selama 2 musim dan sekarang di India menjadi pelatih Delhi Dynamos.

Lilian Thuram

Pemain bertahan yang tangguh namun elegan asal Perancis sejalan dengan jejak sama semisal Zambrotta, keluar dari Juventus tuk Barça tahun 2006 dan ada di klub Catalan kira-kira dua musim menjelang pensiun dari timnas. Pemain yang bermain paling banyak tuk timnas Prancis dengan total 142 penampilan ini melulu menjadi sosok secara intelektual tinggi diluar lapangan dan sekarang bekerja bersama UNICEF dalam program berhubungan isu rasisme.

Thierry Henry

Salah satu striker ngetop di era modern, Henry joint Juve pada 1999 tapi tak pernah betul-betul meninggalkan jejak di tim itu. Di Arsenal dia lebih bersinar sebagai pesepakbola lalu hingga kini tetap dihormati di London Utara. Henry merapat ke Barca tahun 2007, menghabiskan 3 musim gemilang dibawah bimbingan Pep Guardiola. Bahkan, pesepakbola Prancis ini berperan penting didalam kegemilangan tiga musim yang sarat kenangan di FCB.

Zlatan Ibrahimovic

Striker hebat lain di abad yang anyar, pemain Swedia ini memakai kostum 3 tim besar Serie A tetapi kostum hitam putih Juventus awal dikenakan semenjak 2004 hingga 2006. Lewat Inter, Ibrahimovic berlabuh di Barca tahun 2009 tapi hanya bermain semusim sebelum balik lagi ke Italia, kini ke AC Milan. Disebut sebagai atlet Swedia ke-2 terbaik sepanjang waktu dibawah daftar Bjorn Borg (pemain tenis) oleh Dagens Nyheter pada 2014, Zlatan sekarang berusia 35 tahun dan main untuk MU.