Persaingan bebuyutan antara Real Madrid dengan Barcelona memang melulu berjalan panas dan seru. Kedua tim terus bersaing ketat tuk menjadi yang paling baik di panggung domestik atau pun Eropa. Tapi, selama bertahun-tahun sudah ada banyak pemain yang sangat berani panaskan persaingan dengan membela kedua klub ini. Sebagian dari mereka bahkan merapat secara transparan dari satu tim menuju tim lainnya. Nah, untuk itu lihat ulasan ini yang didapat dari situs Bandar Bola terpercaya, para pemain yang sempat membela Real Madrid dan Barcelona.

Luis Enrique

Pelatih Barcelona yang sekarang, pernah jadi bagian antara dua klub eksklusif setelah memilih pindah langsung dari satu rival menuju rival lainnya. Setelah menjalani lima musim di Real Madrid dan jadi pemain pilar bagi tim, Enrique kemudian bergabung ke Barcelona secara status bebas transfer usai kontraknya selesai. Enrique sangat dicintai publik Catalan setelah mengukir 8 musim di klub dan bahkan jadi kapten mereka. Fleksibilitas, temperamen serta komitmennya buat klub membuat Enrique sebagai pemain favorit fans.

‘El Fenomeno’ Ronaldo

El Fenomeno ditunjuk sebagai salah satu striker komplit sepanjang masa, lalu periodenya di Real Madrid bisa disaksikan beberapa tahun lalu. Tapi, fans sepakbola yang sekarang mungkin tak ingat bila pemain Brasil itu sempat bermain pada Barcelona selama semusim. Ronaldo merapat dengan tim Catalan dari PSV Eindhoven secara memecahkan rekor dunia. Masanya di Barcelona tergolong sekilas karena negosiasi lagi kontraknya dengan klub tak menemui kata sepakat. Walaupun begitu, Ronaldo menghabiskan waktu yang brilian di klub dengan mengemas penghargaan Ballon d’Or di usia 20 sehingga menjadikannya menjadi pemain termuda yang sudah menyabet trofi itu.

Michael Laudrup

Playmaker Denmark ini merupakan bagian “Dream Team” Johan Cruyff di Barca yang beranggotakan pesepakbola seperti Josep Guardiola serta Txiki Begiristain dan menjuarai banyak trofi disana. Tapi, perseteruan pada Johan Cruyff mengantarnya tuk merapat dengan Real Madrid usai 5 musim. Laudrup cuma bermain dua musim di Real Madrid, tapi ia adalah bagian kemenangan bersejarah 5-0 di El Clasico kala itu. Laudrup pun menjadi satu-satunya pemain yang merengkuh 5 gelar liga beruntun di Spanyol dengan 2 klub berbeda.

Bernd Schuster

Si Malaikat Pirang adalah gelandang papan atas di masanya di klub Barcelona. Tapi, ia tak begitu disukai oleh Josep Nunez, presiden Barca yang pun punya relasi kurang bagus pada Diego Maradona ketika berada di klub. Schuster kemudian bergabung bersama Real Madrid setelah 8 musim dan keputusan itu sangat kontroversial di masanya. Dan lebih lucu lagi, Schuster lalu bergabung bersama Atletico Madrid setelah 2 musim main di Bernabeu.

Luis Figo

Pemain sayap berkebangsaan Portugal ini merupakan sosok yang amat dicintai di Barcelona sewaktu 4 musim di sana. Dedikasi, bakat serta dukungan pada negara Catalunya menjadikan Figo sulit dibenci juga mudah dicintai. Tapi, semua berubah kala ia bergabung bersama Real Madrid dengan memecahkan sebuah rekor transfer dunia saat itu. Figo sempat dilempar kepala babi ketika kembali ke Camp Nou. Walaupun begitu, Figo pun meraih kesuksesan besar sepanjang mengenakan jersey Los Blancos.