Bermain buat Barcelona merupakan salah satu prestasi tertinggi didalam persepakbolaan. Klub Catalan sudah menghasilkan bakat berkualitas seperti Lionel Messi, Iniesta, Gerard Pique dan sanggup membeli talenta cemerlang di dunia sepakbola sepanjang bertahun-tahun. Tapi, beberapa pemain ada yang ditunjuk sangat hoki bisa memperkuat klub raksasa Spanyol sebab cuma memberi kontribusi yang minim. Walau beberapa dari mereka memiliki karir cukup sukses di tempat lain, daftar pemain ini amat beruntung karena bisa memejeng jersey Barcelona. Siapa saja pemainnya?

Aleksandr Hleb

Aleksandr Hleb
Aleksandr Hleb

Hleb dianggap beruntung berkesempatan memperkuat Barcelona lantaran setelah meninggalkan Camp Nou dirinya merumput di klub yang dominan asing di benak fans sepakbola Indonesia. Setelah 3 tahun dan 89 debut di Arsenal, Hleb hengkang ke Barcelona. Dirinya datang ke Spanyol dengan dana 17 juta euro lalu setelah memperlihatkan bakatnya bareng The Gunners, banyak yang menduga ia bakal sukses juga. Namun, itu tak terjadi dan ia cuma tampil 19 kali di liga. Usai bermain setahun di klub, Hleb berkutat 3 tahun di karirnya dengan dipinjamkan kepada klub lain. Hal tersebut membuktikan bahwa dia memang sudah tak diinginkan Barca. Itu adalah akhir yang buruk namun keputusannya meninggalkan kesempatan main reguler di Arsenal dan hengkang ke Spanyol jadi keputusan beresiko. Banyak yang mengenal Hleb tak cukup bagus bermain tuk Barcelona dan masanya disana menunjukkan hal itu.

Jose Manuel Pinto

Jose Manuel Pinto
Jose Manuel Pinto

Hingga tahun 2014, kiper Spanyol ini mengukir 6 tahun di Barcelona dan cuma membuat 31 debut di liga. Pinto sengaja dibeli tuk menjadi pelapis Victor Valdes saat cedera dan bermain di Copa Del Rey. Tapi, hal ini bukan artinya Pinto cukup bagus tuk main di klub. Beruntungnya, dirinya adalah penjaga gawang yang dipilih Barcelona tuk jadi pelapis Victor Valdes. Walau tampil dan memberi kontribusi didalam kemenangan Copa Del Rey tuk Barcelona, Pinto pun sering membikin kesalahan di 31 pertandingannya di liga, menjadikan banyak orang kaget bahwa dirinya memperoleh kesempatan tuk main di klub ‘Giant’ Spanyol. Pinto merupakan kiper yang penting tuk beberapa tim La Liga, tapi bukan Barcelona sebab tidak bolah melakukan kesalahan disana. Pinto tak bisa tampil bagus dengan konsisten di Barcelona hingga ia cukup beruntung berkesempatan bermain disana relatif lama.

Thomas Vermaelen

Thomas Vermaelen
Thomas Vermaelen

Meskipun kapten Arsenal itu tak mampu bermain secara reguler di Emirates Stadium, dia berhasil move ke Barcelona musim panas 2014 dengan dana 15 juta pounds. Pasca tampak dari akademi Ajax juga dikenal sebagai seorang defender yang bagus, tidak sedikit yang menganggap Vermaelen memiliki kemampuan bermain di Barcelona. Namun, kebiasaannya menghabiskan masanya di kursi cadangan kian berlanjut di Barcelona. Pesepakbola Belgia itu tidak sering bermain sebab mengalami cedera semasa bersama raksasa Catalan hingga ia tak pernah jadi bek tengah pilihan di klub. Oleh sebab itu, ia sepertinya takkan pernah main lagi tuk tim La Liga itu. Vermaelen bisa menganggap dirinya amat beruntung pernah berseragam Barcelona, khususnya mengingat mereka membelinya cuma tuk menjadi penghangat bangku.

Alex Song

Alex Song
Alex Song

Alex Song menjalani empat tahun di Spanyol, namun semua orang terkejut saat Barcelona memboyong pemain internasional Kamerun itu. Banyak yang tak yakin dengan kemampuan pemain. Untuk empat tahun, Song sekedar membuat 39 performa di liga lalu dianggap sebagai satu pembelian terburuk Barcelona. Eks pemain Arsenal itu pun gagal memberi dampak besar dan kesusahan menggeser Sergio Busquets. Di Arsenal, tidak sedikit fans yang terasa frustrasi pada Song lantaran ia kerap lupa pada tugas bertahan hingga The Gunners kejebolan banyak gol. Oleh sebab itu, saat Barcelona memutuskan tuk membeli Song, fans Arsenal amat terkejut. Berumur 29 tahun, Song hari ini memperkuat Rubin Kazan di Rusia yang menghuni posisi 10 di Liga Rusia. Hal tersebut menunjukkan betapa beruntungnya dia pernah berseragam Barcelona.