Satu lagi informasi yang harus anda ketahui yang berhubungan dengan Barcelona, dan inilah momen yang terlupakan dalam sejarah Barcelona yang patut untuk dicatat juga.

Rijkaard Akhiri Puasa Gelar

Barcelona pernah merasakan puasa gelar Liga Spanyol sepanjang lima season, yakni dari 1999 hingga 2004. Masalah itu tentu saja memunculkan kekhawatiran yang serius di pihak tim Catalan. Akan tetapi, penunjukan manajer Belanda Frank Rijkaard bisa mengubah segalanya. Barca akhirnya kembali bangkit dengan meraih dua gelar liga secara berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006. Mereka juga mengangkat gelar Eropa kedua pada tahun yang sama usai menaklukan Arsenal di final.

Trofi Piala Champions Pertama

Semenjak dimulainya Piala Eropa pada awal era 50-an, rival keras mereka Real Madrid kerap tampil mendominasi, namun Barca belum sanggup berbuat banyak di Eropa. Hal itu terjadi hingga tahun 1990an saat Johan Cruyff menjadi pemimpin revolusi tim Catalan demi meraih keberhasilan di Eropa. Legenda Belanda, yang menjuarai kompetisi tersebut 3 kali menjadi pemain Ajax, sanggup memimpin Blaugrana menjuarai Piala Eropa pertama nya pada tahun 1992 dengan skuad yang dijuluki sebagai “The Dream Team”. Klub ini mengangkat Si Kuping Besar usai mengalahkan Sampdoria 1-0 di final.

Tiga Gelar Pertama

Usai menikmati season yang sarat piala di bawah Frank Rijkaard, Barca mengakhiri season 2007-08 dengan tangan kosong. Hal itu mendorong pergantian coach dari Rijkaard menuju ke Josep Guardiola. Walaupun menjalani start yang tidak gampang, tetapi Barca mengakhiri season dengan menjuarai treble bersejarah dengan menjuarai La Liga, Copa Del Rey dan Liga Champions. Barca kemudian menjadi klub Spanyol pertama yang menjuarai prestasi hebat tersebut.

Luis Enrique Beri Treble Kedua

Usai menjalani season yang buruk di bawah Tito Vilanova, Barca menunjuk bekas pemain mereka sendiri Luis Enrique demi memimpin tim pada tahun 2014, dan Alhasil sama layaknya pada tahun 2009. Tim Catalan, yang diketuai oleh trio produktif MSN, menjuarai treble kedua setelah menaklukan Juventus 3-1 di final Liga Champions. Dengan begitu, mereka jadi tim pertama dalam histori Eropa yang mencapai torehan tersebut Dengan meraih 50 kemenangan dari 60 pertemuan untuk menuju kejayaan.

Barcelona Merekrut Messi Dengan Kertas Tisu

Tak cuma piala dan bukan treble tapi mendapatkan bakat Lionel Messi di kota mungil Rosario di Argentina dan menariknya dengan selembar kertas tisu merupakan momen yang tidak kalah memilih dalam sejarah klub. Messi didiagnosa terkena gangguan hormon yang menjadikan pertumbuhan fisiknya tersendat dan keluarganya tak punya uang mengobatinya. Barcelona akhirnya menawarkan bantuan dengan syarat dirinya dan keluarganya wajib pindah ke Barca. Pada bulan Desember 2000, Messi menjalankan trial dan terpilih untuk mengikuti latihan. 4 tahun kemudian, dirinya membuat pertandingan di Barca, dan sisanya, seperti yang kalian semua ketahui, merupakan sejarah.