Manchester City meresmikan kepindahan dari sosok bek kuat John Stones dari Everton. Transfer itu membuat Stones masuk ke dalam daftar bek termahal di dunia. City musti mengeluarkan mahar senilai 47,26 juta pounds atau kira-kira Rp 806 miliar tuk bisa mendatangkan Stones dari Goodison Park ke Etihad Stadium. Nilai tersebut sangat fanstastis mengingat pemain yang bersangkutan berumur 22 tahun. Dilansir Transfermarkt, ada ulasan tentang para bek termahal di dunia.

Dani Alves – £30,18 juta. Nama Dani Alves kian melejit semenjak memakai jersey Sevilla. Ia menolong Sevilla mengemas 2 Piala UEFA hingga kemudian diboyong Barcelona tahun 2008. Karir Alves makin bersinar cerah di Camp Nou pasca ikut menjuarai 23 gelar disana. Kini pesepakbola Brasil itu telah meninggalkan Barcelona dan merapat ke Juventus.

Luke Shaw – £31,88 juta. Manchester United menarik Luke Shaw demi memperkuat barisan belakang di sudut kiri. Tapi sayang pemain Inggris itu belum mampu mengerahkan kemampuan apiknya di Old Trafford mengingat kerap menelan cedera termasuk patah tulang musim kemarin. Sekarang kondisi Shaw telah pulih dan siap jadi pemain unggulan Jose Mourinho musim depan. Shaw pastinya bertekad menebus nilai mahalnya dengan penampilan apik di atas lapangan.

Eric Bailly – £32,30 juta. Bailly adalah pembelian awal Jose Mourinho setelah didapuk manager Manchester United. Pemain Pantai Gading tersebut diboyong ke Old Trafford usai tampil lumayan bagus bareng Villarreal. Bailly juga memperlihatkan kualitasnya dengan masuk sebagai Man of the Match didalam pertandingan kontra Leicester City di pentas Community Shield. Bek tengah berumur 22 tahun itu kelihatannya bakal jadi pemain andalan Mourinho selama berada di MU dan daftarnya tertulis namanya.

Javi Martinez – £34 juta. Javi Martinez dihadirkan oleh Bayern Munich dari bilbao di bursa transfer musim panas periode 2012. Ketika itu Martinez diboyong dengan uang sebesar 34 juta pounds. Transfer tersebut sekaligus menjadikan Martinez menjadi pemain paling mahal Bundesliga. Defender Spanyol itu terbilang tetap main di Allianz Arena dan telah membantu klubnya memenangkan 10 titel di sana.

Thiago Silva – £35,70 juta. Thiago Silva pernah menjadi pilar AC Milan selama 3 musim dan turut memenangkan gelar Serie A di musim 2010/11. Ia lalu dilego ke PSG tahun 2012. Silva sekarang menjadi kapten PSG dan telah mengantarkan klub meraup 12 gelar disana. Pemain berumur 31 tahun itu masih tetap punya kontrak hingga tahun 2018 dan berkesempatan pensiun di Parc des Princes.

David Luiz – £42,08 juta. Luiz diboyong PSG dari Chelsea cuma beberapa hari hingga Brasil dipermalukan telak 7-1 dari Jerman ke Piala Dunia 2014. Ia lalu seketika menyandang status menjadi defender termahal dunia kala itu. Luiz main cukup baik di PSG dan mampu menyokong klub memenangi tujuh gelar domestik disana. Walaupun begitu, Luiz belum sukses membawa Les Parisiens berbuat tidak sedikit di kasta Eropa.

John Stones – £47,26 juta. Stones adalah pembelian yang beresiko karena City mengeluarkan banyak uang tuk pemain yang baru berumur 22 tahun. Tetapi, mengingat talenta yang dipunya Stones, transfer ini bisa jadi investasi jangka panjang bagus buat klub. Stones mengawali karirnya bareng Barnsley dan namanya kian melejit dibawah bimbingan Roberto Martinez di Everton. Setiap orang khususnya City berharap Stones sanggup menebus harga mahalnya pada performa apik di atas lapangan.