Saat masa pensiun tiba tentu banyak sekali diantara para bintang sepakbola yang ingin menjadi pelatih di kemudian hari. Sudah ada sejumlah nama yang sekarang malah menjadi pelatih top semacam Zidane, Enrique dan nama-nama besar lainnya. Dan inilah mantan bintang lapangan yang kini menjadi pelatih tim junior:

Santiago Solari (Real Madrid)

Salah satu pemain yang sempat merasakan keberhasilan meraih Copa Libertadores dan Liga Champions. Bekas pemain internasional Argentina ini pensiun pada tahun 2011 dan jadi pelatih tim junior Real Madrid sejak tahun 2013. Sekarang ini Solari bisa dijumpai di pinggir lapangan ketika mendampingi tim Real Madrid Castilla. Kesebelasan ini dikapteni oleh Enzo Zidane yang tidak lain merupakan anak dari coach kepala Los Blancos saat ini.

Fabio Grosso (Juventus)

Bekas bek timnas Italia ini selamanya akan dikenang lantaran mencetak gol saat menghadapi tuan rumah Jerman di semifinal Piala Dunia 2006. Dirinya memutuskan balik lagi ke Juventus dua tahun usai pensiun pada tahun 2014 sebagai pelatih tim Primavera nya. Salah satu anak didik Grosso yang sebutannya makin tenar ialah Moise Kean. Dirinya adalah pesepakbola Serie A utama yang lahir di milenium baru.

Guti (Real Madrid)

Solari mengganti bekas rekan setimnya di Real Madrid Zinedine Zidane sebagai manajer Castilla dan salah satu bekas pemain era Galacticos pun ada yang tengah meniti karir di team junior Los Blancos. Guti, lulusan akademi klub, menggunakan sebagian besar karirnya dengan Madrid dengan tak kurang dari 540 performa sebelum menutup karirnya dengan team Turki Besiktas Mengupdate jalan rekan-rekan seangkatannya, Guti kini mengurus tim Real Madrid di bawah umur 19 tahun (atau Juvenil “A”). Hal itu cukup menjadi modal yang bagus untuk jadi pelatih tim senior di masa yang akan datang.

Gabri Garcia (Barcelona)

Gabri Garcia merupakan bekas pemain didikan sekolah Barca. Dirinya membuat 129 debut liga antara 1998 dan 2006 sebelum pindah ke Ajax. Gabri gantung sepatu pada tahun 2014 dan akhirnya memutuskan membina pemain-pemain di masa depan Barca. Gabri diawali melatih tim Juvenil “A” pada tahun 2015 usai menghabiskan satu season sebagai asisten coach tim cadangan.

Ugo Ehiogu (Tottenham)

Dalam 1 atau 2 tahun terakhir Tottenham cukup sering menawarkan pemain muda dan skuad utama mereka ada yang berasal dari sekolah sendiri. Pesepakbola yang paling berkelas ialah Harry Kane yang sudah memperoleh 17 caps dunia dengan Inggris dan memperoleh lima gol. Sekarang ini orang yang bertanggung jawab atas Tim U-21 Spurs merupakan mantan bek Inggris Ugo Ehiogu, yang menjadikan lebih dari 230 performa liga dengan Aston Villa antara 1991 dan 2000.

Lars Ricken (Borussia Dortmund)

Lars Ricken menjalani 19 tahun di Borussia Dortmund dan 3 tahun di antaranya di team junior. Dirinya sangat tersohor melalui torehan gol juara di partai final Liga Champions 1996-1997 melawan Juventus. Setelah pensiun pada tahun 2008, Ricken masih bekerja di klub menjadi kepala akademi pesepakbola muda. Dortmund jelas saja bertekad membuat Mario Gotze yang baru di masa yang akan datang.