Usia bisa menjadi faktor yang begitu penting bagi para pemain sepakbola. Oleh sebab itu, banyak pesepakbola yang kian cemas saat sudah menginjak usia 30 tahun atau lebih. Usia 30 tahun keatas sungguh dianggap menjadi fase akhir dari kaum pesepakbola. Karena di usia itu, para pemain banyak yang mulai mengalami kemerosotan seperti dalam hal kecepatan. Tapi, tak sedikit saat ini pemain yang malah masih sanggup mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat usia mereka menginjak angka 30 tahun. Buktinya ada dibawah ini beberapa pemain top yang berusia 30 tahun lebih.

Petr Cech – 34 Tahun

Cech adalah salah satu kiper top di Premier League. Pemain dari Republik Ceko itu memiliki segudang pengalaman main di kompetisi divisi tertinggi sepakbola Inggris. Cech sempat meraih kesuksesan besar dengan meraup berbagai macam gelar bareng Chelsea. Ia sekarang menjadi andalan dibawah mistar gawang Arsenal yng ditukangi Wenger.

Philipp Lahm – 32 Tahun

Lahm dianggap menjadi salah satu fullback terbaik di generasinya. Ia sudah memenangkan tidak sedikit gelar dengan Bayern Munchen dan Piala Dunia saat membela timnas Jerman. Lahm telah memutuskan gantung sepatu dari kancah internasional hingga bisa mencurahkan sekujur tenaganya di level klub. Kapten Bayern tersebut ingin merengkuh kesuksesan yang sama di bawah dari bimbingan pelatih anyar Carlo Ancelotti.

Gianluigi Buffon – 38 Tahun

Buffon adalah satu dari banyak kiper top di Italia bahkan dunia. Walau usianya menginjak angka 38 tahun, Buffon masih jadi andalan Juventus serta timnas Italia. Buffon senantiasa tampil konsisten saat menjalankan tugasnya dibawah mistar gawang. Eks pemain Parma itu kini masih memegang rekor sebagai kiper termahal dunia.

Andres Iniesta – 32 Tahun

Andres Iniesta sudah menjadi salah satu karakter kunci bagi Barcelona dan sepakbola Spanyol. Gelandang unggulan Barca itu juga bisa dikatakan menjadi salah satu pesepakbola tersukses di dunia. Iniesta telah memenangkan 29 gelar semasa memperkuat Barcelona. Ia pun menyabet trofi Piala Dunia (2010) serta Euro (2008 dan 2012) saat membela negaranya.

Xabi Alonso – 34 Tahun

Usia tua tak menghambat Alonso tuk tetap tampil apik. Sudah ada buktinya, ia masih main di level tertinggi bersama dengan Bayern Munchen. Pesepakbola asal Spanyol itu sudah memenangkan banyak trofi bersama Liverpool, Real Madrid serta Bayern. Alonso pun sukses saat membela Tim Matador dengan mempersembahkan sebuah trofi Piala Dunia dan 2 trofi Euro.

Zlatan Ibrahimovic – 34 Tahun

Manchester United pada dasarnya tak salah mendatangkan Ibrahimovic di musim panas. Pemain Swedia tersebut langsung memberikan pengaruh yang berarti di Old Trafford. Ibrahimovic emang sering mempersembahkan gelar dengan tim yang dibelanya. Ia sekarang diharapkan bisa membalikkan kejayaan Setan Merah lagi.

Christiano Ronaldo – 31 Tahun

Musim 2015/16 adalah salah satu musim terbaik buat diri Ronaldo. Ia berhasil memenangi trofi Liga Champions & dilanjutkan dengan menyabet gelar Euro 2016 bersama Portugal. Superstar Real Madrid itu belum lama mendapatkan apresiasi Pemain Terbaik Eropa 2016. Akan tetapi, Ronaldo belum tampak di lapangan lantaran tengah menjalani pemulihan dari cedera.