Jaap Stam adalah satu diantara defender terbaik yang sudah dihasilkan oleh Belanda. Ia sempat membela sejumlah klub top Eropa misalnya Ajax, PSV, United, AC Milan & Lazio. Manajer Reading itu baru-baru ini diminta tuk membangun tim yang terhimpun dari pemain terbaik yang sudah bermain bersamanya pada wawancara bersama dengan The Times. Dengan memakai formasi 4-3-3, inilah skuad terbaik versi Jaap Stam.

  1. Edwin van der Sar – Kiper. Stam main bersama-sama Van der Sar di tim nasional Belanda pada medio tahun 1990-an hingga awal 2000-an. Van der Sar yang merengkuh kesuksesan dengan Ajax, Juventus dan Manchester United sudah menyabet apresiasi Kiper Terbaik Belanda sepanjang 4 tahun berturut-turut dari 1994 hingga 1997.
  2. Cafu – Bek Kanan. Eks kapten Brasil ini main dengan Stam di AC Milan dan adalah bagian dari skuad yang memenangi titel Serie A musim 2003/2004. Milan cuma kalah dalam 2 pertandingan di musim itu.
  3. Alessandro Nesta – Bek Tengah. Bek kuat asal Italia Nesta dan Stam bekerja secara bersamaan di AC Milan. Nesta mengemas 2 Scudetto dan 2 mahkota Liga Champions dengan AC Milan dan Piala Dunia bersama timnas Italia tahun 2006.
  4. Paolo Maldini – Bek Tengah. Maldini jadi andalan di skuad utama AC Milan sepanjang 24 musim berlalu. Ia adalah satu dari banyak one club men di dunia persepakbolaan dan sama sebagaimana sang ayah, Maldini jadi kapten klub saat meraih kesuksesan di Liga Champions.
  5. Denis Irwin – Bek Kiri. Irwin merupakan salah satu pesepakbola yang paling dinamis, konsisten dan tak bisa diremehkan ketika Manchester United merajai persepakbolaan Inggris. Eksekutor pinalti berkaki kidal ini melatar belakangi lebih dari 500 pertandingan tuk klub.
  6. Roy Keane – Gelandang. Keane jadi legenda Manchester United pasca membantu klub memetik kesuksesan pada era 1990-an. Mantan pesepakbola internasional Republik Irlandia tersebut ialah pemimpin alami di lapangan, punya tackling keras dan menyarangkan lebih dari 50 gol tuk The Red Devils saat ada di Old Trafford.
  7. Clarence Seedorf – Gelandang. Seedorf mengemas 5 trofi Liga Champions dengan 3 klub yang berbeda. Ia merumput bersama dengan Stam di Milan setelah meraih kesuksesan yang serupa di Ajax juga Real Madrid.
  8. Dennis Bergkamp – Gelandang Serang. Hanya minim pemain yang sanggup bermain menjadi gelandang dan striker sebagaimana Dennis Bergkamp. Eks bintang Arsenal dan Ajax tersebut bermain bersama dengan Stam di tim nasional Belanda dan menolong Oranje masuk ke partai semifinal Piala Dunia 1998.
  9. Marc Overmas – Sayap Kanan. Striker lincah Belanda ini, berjuluk ‘Roadrunner’, pun rekan setim Stam di kasta internasional. Dirinya memenangkan 3 gelar Eredivisie bareng Ajax menjelang pindah ke Arsenal tahun 1997 dimana dirinya juga melayani tim besutan Arsene Wenger memenangi Premier League.
  10. Ryan Giggs – Sayap Kiri. Giggs adalah satu dari banyak pemain hebat di Premier League dan tak bisa dipisahkan atau ‘dilepas’ dari Manchester United. Ia pangsa dari skuad utama United sepanjang 24 tahun dan meraup berbagai macam piala termasuk treble winners bareng Stam tahun 1999.
  11. Ronaldo – Striker. Ronaldo menggeluti karir yang produktif di klub Cruzeiro, PSV, Barcelona, Inter dan Real Madrid. Ronaldo main bersama Stam di PSV dimana bomber Brasil tersebut mencetak 35 gol dalam 36 penampilan.