Arsenal rasa-rasanya belum bisa memperpanjang kontrak dengan striker andalan dari pelatih Arsene Wenger, Alexis Sanchez. Pemain Chile tersebut dilaporkan menuntut gaji nyaris dua kali lipat sejak yang diterimanya saat ini tuk menandatangani kontrak anyar di Emirates Stadium. Disamping itu, Sanchez pun menuntut klub tuk mendatangkan beberapa pemain baru berkualitas supaya bisa menantang trofi Premier League. Seluruh tuntutan itu tampaknya akan sulit dipenuhi oleh management The Gunners hingga besar kemungkinan perpisahan bakal segera terjadi. Termasuk ini ada  alasan-alasan Arsenal musti menjual Alexis Sanchez ketika bursa transfer musim panas dimulai seperti diberitakan Sportskeeda.

  1. Menjaga Keharmonisan Skuad. Sudah sering terjadi bila pemain telah tak bahagia dapat mengganggu keharmonisan seluruh skuad. Mungkin performa buruk The Gunners dengan kondisi kontrak Sanchez yang tampak ke permukaan bisa terkait sangat erat. Pemain Chile hal tersebut sering tampak ngambek di musim ini sebab diganti dan sikap itu sudah membuat rekan setimnya emosi. Jika Arsenal tak melepasnya pada di musim panas, hal tersebut mungkin bisa menjadikan suasana ruang ganti jadi kian buruk.
  2. Arsenal Lebih “Besar” Dari Sanchez. Dua skenario dapat terjadi saat ada perselisihan diantara pemain dan klub yang dibelanya. Tim bisa memutuskan tuk membekukan pemain yang sudah tak bahagia atau merusik tim (semisal Saido Berahino di West Brom) maupun pemain bisa menyetir klub supaya menjualnya ke tim yang dia inginkan gabung (seperti Luka Modric maupun Cesc Fabregas). Saido Berahino tak sekaliber pemain itu tapi dirinya merupakan contoh dari pemain yang diasingkan ke tim cadangan sepanjang berbulan-bulan. Dalam kejadian transfer Luka Modric dari Tottenham kepada Real Madrid, pesepakbola Kroasia itu telah menolak latihan di White Hart Lane juga The Lilywhites musti mematuhi tuntutan sang pemain atau bisa pula bila mempertaruhkan keharmonisan skuad. The Gunners sudah tak asing dengan situasi semacam itu saat eks kapten Cesc Fabregas mendesak pindah ke klub saat kecilnya Barcelona. Arsenal musti harus jual Alexis Sanchez pada penawar tertinggi dan tak boleh mengalah dari pesepakbola Chile tuk membuktikan bila klub lebih besar dari tiap individu, bahkan dari pesepakbola kelas dunia semacam Sanchez. Ini bakal menjadi pernyataan berarti dari The Gunners bahwa mereka tak bisa dipaksa memenuhi tuntutan gaji fantastis hanya menjaga supaya sang pemain senang.
  3. Demi Merekrut Bintang Lebih Terkenal. Arsenal diberitakan sudah pasang harga senilai 50 juta pounds tuk servis Alexis Sanchez. Tapi, tim London Utara bisa memakai uang tersebut guna merekrut pemain kelas dunia di pos yang sama atau yang lainnya, yang lebih cocok dengan permainan mereka. Walau sangat berkualitas, Sanchez tak ideal tuk sebuah tim yang gemar mengoper bola kepada rekan setimnya dengan cepat, sama sebagaimana masalah yang dihadapinya di Barcelona yang lalu. Pemain Chile itu suka menggiring bola sendiri hingga mengganggu peredaran bola The Gunners dan merusak efektivitas planing.
  4. Memberi Kesempatan Para Pemain Muda. Kepindahan Alexis Sanchez barangkali bisa menjadi berkah karena akan menyiapkan pemain muda layaknya Alex Oxlade-Chamberlain, Alex Iwobi serta Jeff-Reine Adelaide kesempatan tuk memperlihatkan seluruh potensi yang mereka miliki. Ke-3 pemain itu adalah pemain yang amat bagus dan punya kesempatan tuk jadi salah satu pesepakbola terbaik di dunia, mengingat umur mereka masih tergolong muda. Uang penjualan Sanchez berkesempatan diinvestasikan tuk membenahi sektor lain yang terbilang kurang dengan merekrut sosok berkualitas.
  5. Inkonsistensi Alexis Sanchez. Alexis Sanchez kini sedang menikmati masa jayanya juga merupakan satu pemain yang sukar dihentikan. Tetapi, pemain Chile itu mempunyai kecenderungan menghilang saat ada didalam masa sulit maupun menghadapi tim-tim besar. Saat situasi tak berjalan sesuai rencana, Sanchez tampak sering ngambek dibanding berusaha keras memberi dampak didalam pertandingan. Itu bukanlah sesuatu yang diinginkan dari pemain yang menuntut bayaran 250 ribu pounds per minggu. Musim lalu juga terlihat tak konsisten sepanjang musim juga cuma bisa mendulang 17 gol. Bahkan, hal tersebut bukan pertama-tama terjadi pada karir Sanchez. Selama musim ke-2 dengan Barcelona, ia cuma berhasil membukukan 11 gol dalam 46 debut. Barcelona punya alasan kuat jual El Nino Maravilla dan hal tersebut bukan lantaran Neymar.